Ebook Falsafah Akhlak - Murtadha Muthahhari


Judul Ebook : Falsafah Akhlak

Tebal Ebook : 304 Halaman

Bahasa          : Indonesia

Sering dikatakan bahwa ada sejumlah perbuatan manusia yang dinamakan perbuatan akhlaki (etis). Perbuatan akhlaki berbeda dengan perbuatan biasa atau alami. Pada mulanya, pertanyaan ini, tampak begitu sederhana, tetapi ternyata tidak demikian. Disini mesti kita pertanyakan, bagaimana kita dapat menentukan etis atau tidaknya suatu perbuatan? Atau, apa sebenarnya yang dimaksud perbuatan akhlaki (etis) itu?

Mungkin kita menganggap bahwa pertanyaan itu sangat sederhana dan dapat dijawab dengan mudah. Namun, setelah kita menyelami permasalahan ini lebih dalam, maka akan kita dapati realitas yang sebaliknya, yakni permasalahan dan pertanyaan ini tidak semudah yang kita bayangkan, bahkan ia termasuk bahasan intelektual yang paling sulit dan rumit di dunia filsafat.

“Dalam Falsafat Etika, kebaikan adalah keniscayaan rasional yang bersifat mandiri, artinya akal menusia bisa menemukan kriteria objektif dari persoalan kebaikan dan keburukan. Oleh karena itu, kebaikan dan keburukan dapat dinilai secara independen oleh manusia. Buku ini menguraikan bagaimana konsep etika (akhlak) dalam wacana Barat dan Islam. Penulis menyajikan secara mudah setiap pembahasan sehingga struktur dasar persoalan etika bisa dipahami. Kedudukan Islam, dalam kerangka etika, menemukan kaitannya bahwa Islam sebagai tujuan etika. Inilah kerangka Islam sebagai Agama Rasional dan pembebasan dari penjara kecenderungan instinktif.






 BACA ONLINE Murtadha Muthahhari
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments