Ebook Filsafatuna - Ayatullah Muhammad Baqir Shadr


Judul Ebook : Filsafatuna

Tebal Ebook : 398 Halaman

Bahasa          : Indonesia

Buku ini membahas teori pengetahuan (epistemologi), hakikat dan hukum alam (ontologi). Dengan mendasarkan diri pada nilai positif dan peran logika, dan menggali secara ekstensif dari tradisi filosofis Islam, penulis mengkritik empirisisme, materialisme-dialektikal dan mazhab-mazhab pemikiran lainnya yang meruyak di dunia modern saat ini. Beliau berupaya menjelaskan landasan semua pola pemikiran itu dan ideologi-ideologi yang telah melanda dunia Islam semenjak abad 19 dan yang telah menggelapi pandangan Islam tentang realitas yang didasarkan pada supremasi Allah dan pengetahuan yang membawa kepada-Nya.

Muhammad Baqir Al-Sadr sendiri tidak akfab dikenal sebagai filosof, ia juga tidak tercatat mengenyam studi khusus di bidang filsafat Islam. Tetapi, pengalaman mempelajari berbagai sistem filsafat Islam menghasilkan sebuah buku yang hingga kini masih aktual dan relevan dibaca. Namun perlu kiranya ditegaskan bahwa Baqir Al-Sadr sesungguhnya seorang ulama tradisional yang hidupnya dihabiskan untuk mempelajari secara khusus ilmu-ilmu tradisional keislaman seperti: Fiqih, Ushul Fiqih, Riwayat, Dirayat, Rijal, Tafsir.

Namun dari dua ilmu ini pula ia produktif melahirkan berbagai karya ilmiah di berbagai bidang ilmu keislaman dan sekuler (non-agama). Selain Falsafatuna, ia juga menulis Iqtishaduna, Rasalatuna, bahkan Al-Usus Al-Manthiqiyyah li Al-Istiqra’, sebuah buku logika yang berupaya mengajukan pemecahan masalah utama induksi melalui kalkulus probabilitas (hisab al-ihtimalat). Para muridnya melaporkan bahwa ia sudah berencana akan menyusun sistem sosial Islam, yaitu Mujtama’una.

Falsafatuna terbit untuk pertama kalinya pada tahun 1959 dalam bahasa Arab. Cukup cepat meraih sambutan di dunia Islam maupun di dunia Barat hingga diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris juga ke dalam Bahasa Indonesia. Salah satu fokus buku ini, dan mungkin fokus utamanya, ialah tanggapan kritis terhadap filsafat Eropa yang pada dekade 60-80 didominasi oleh paham Kapitalisme dan Sosialisme. Sebagai seorang Muslim, Baqir Al-Sadr komit untuk menganalisis kritis dua paham Barat itu dengan perspektif Islam. Meski boleh jadi pad awalnya ditujukan pada pemuda sekuler di Irak, Falsafatuna juga digagas dalam menanggapi pertumbuhan ide-ide komunis.






 BACA ONLINE Muhammad Baqir Shadr
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments