Ebook Orang Asing - Alber Camus


Judul Ebook :Orang Asing

Tebal Ebook : 134 Halaman

Bahasa          : Indonesia

L 'Etranger, novel pertama Albert Camus (1913- 1960). Begitu terbit pada tahun 1942, seketika novel ini membuat dia dikenaldan diakui sebagai seorang pengarang besar. Berbagai buku danartikel kritik kemudian bermunculan, susul-menyusul, mengulas novelini. Di pertengahan abad XX itu, novel pendek ini memperlihatkankekuatan dan kebaruan dalam banyak hal, yang kesemuanya pentingdalam sejarah kesusastraan Prancis, meskipun bentuknya yang diptik-terbagi dalam dua bagian yang seimbang-sangat klasik. Memanguntuk icu merupakan bencuk andalan dalam cradisi penulisan roman Prancis.

Khususnya bagi pembaca Prancis, novel ini memperlihatkan suatu pembaruan dalam penulisan sascra, yang membias dari cradisi sascra mereka, yang secara umum mereka sebut litterature bourgeoise. Tokohnya seorang rakyat jelata, bukan seorang bourgeois mapan seperti cerlihac dalam novel-novel Prancis yang terbit sebelumnya. Pembaruan juga cerjadi dalam hal bahasa. Kalimat-kalimatnya pendek, bukan kalimac panjang yang lazim dalam kesusastraan Prancis. 

L'Etranger juga tak begitu menggunakan kata penghubung, sehingga Jean-Paul Sartre menyebut kalimat-kalimat dalam novel ini "terpulau-pulau". Dan, lebih khas lagi adalah penggunaan kala passe compose alih-alih passe simple yang merupakan jenis kala pakem dalam penulisan Prancis. Passe compose (tak dapat diterjemahkan, pen.) benar-benar pas menampilkan sosok manusia yang hidup dalam kekinian, dari hari ke hari, au jour le jour, yang menyimpang untuk kebiasaan Barat yang selalu berencana dan merencanakan.

Novel ini pertama-tama terkenal sebagai perwujudan dari pemikiran Albert Camus tencang filsafat absurd yang telah ditulisnya sebelum itu, dalam bentuk kumpulan esai berjudul Le Mythe de Sysiphe. Absurd adalah suatu pandangan hidup yang khas, bisa dikatakan tropis, yang hanya mungkin digagas oleh orang Eropa, atau orang Barat pada umumnya, yang pernah tinggal di negara tropis. (Pembaca Indonesia akan segera mengenali kecenderungan manusia tropis dalam novel ini, yang eksotik bagi pembaca Barat) Sebagaimana diketahui, Albert Camus memang lahir di Mondovi pada tahun 1913, dan dibesarkan di Aljazair. 

Dari novel ini lahir ungkapan bahwa "la vie ne vaut pas la peine d 'etre vecue''' hid up tak layak dijalani, ten tu dalam kaitan dengan absurditas kematian di mata Barat. Kebesaran manusia absurd terletak pada kesadarannya yang jernih atas kondisi hidupnya.







 BACA ONLINE Alber Camus
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments