Ebook Kerja Upahan dan Kapital - Karl Marx


Judul Ebook : Kerja Upahan dan Kapital

Tebal Ebook : 48 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Tulisan berikut ini terbit sebagai suatu seri tajuk-rencana dalam Neue Rheinische Zeitung1 dari tanggal 4 April 1849 seterusnya. Tulisan itu berdasarkan ceramah-ceramah yang diucapkan oleh Marx pada tahun 1847 di muka Perkumpulan Buruh Jerman di Brussel. Tulisan sebagaimana yang telah tercetak ini tetap merupakan sebagian; perkataan pada akhir nomor 269: “Akan
disambung,” tetap tak terpenuhi disebabkan oleh kejadian-kejadian yang pada waktu itu datang menyesak susul-menyusul: serbuan terhadap Hongaria oleh Rusia, pemberontakan-pemberontakan di Dresden, Iserlohn, Elberfeld, Palatin dan Baden, yang menyebabkan diberangusnya suratkabar ini sendiri (19 Mei 1849). Naskah sambungannya tak diketemukan di antara surat-surat peninggalan Marx setelah dia wafat. 

Kerja-upahan dan Kapital telah terbit dalam sejumlah edisi sebagai penerbitan yang tersendiri dalam bentuk brosur, yang terakhir diterbitkan dalam tahun 1884, oleh Koperasi Percetakan Swiss, Hottingen-Zurich. Edisi-edisi yang diterbitkan hingga kini memegang teguh redaksi persis menurut aslinya. Tetapi edisi baru yang sekarang ini harus diedarkan tidak kurang dari 10.000 eksemplar sebagai suatu brosur propaganda, dan dengan demikian maka tak dapat tidak timbul masalah pada saya apakah dalam keadaan-keadaan ini Marx sendiri akan menyetujui suatu reproduksi aslinya dengan tiada perubahan.

Dalam tahun empatpuluhan, Marx masih belum menyelesaikan kritiknya terhadap ekonomi politik. Kritik ini baru selesai menjelang akhir tahun limapuluhan. Karena itu, tulisan-tulisannya yang terbit sebelum bab pertama dari Sumbangan kepada Kritik tentang Ekonomi Politik (1859) dalam beberapa hal berbeda dengan yang ditulis sesudah tahun 1859, dan berisi pernyataan-pernyataan dan kalimat-kalimat seluruhnya yang, dilihat dari sudut tulisan- tulisan kemudian, tampaknya kurang kena dan bahkan tidak tepat.







 BACA ONLINE | Karl Marx
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments