Ebook Kapital III, Proses Produksi Kapitalist Secara Menyeluruh - Karl Marx


Judul Ebook : Kapital III, Proses Produksi Kapitalist Secara Menyeluruh

Tebal Ebook : 997 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Dari ketiga jilid magnum opus Karl Marx KAPITAL, Buku I (Proses Produksi Kapital) merupakan buku yang paling terkenal dan paling banyak dibaca orang, Buku II (Proses Sirkulasi Kapital) paling kurang dikenal, bahkan mungkin yang dilupakan orang, sementara Buku III (Proses Produksi Kapitalis secara Menyeluruh) –yang edisi bahasa Indonesianya terbit sekarang ini adalah yang paling diperdebatkan.

1 Buku I berkonsentrasi pada pabrik, pada produksi nilai-lebih, dan kebutuhan terus-menerus kaum kapitalis meningkatkan produksi ini. Buku I menunjukkan kepada kita bahwa kapitalisme hanya menghasilkan liang-kuburnya sendiri dalam bentuk proletariat modern, dan bahwa kontradiksi-kontradiksi masyarakat semakin intensif di dalam sistem itu. Buku II berkonsentrasi pada pasar dan menyelidiki arus timbal-balik, komoditi dan uang (daya beli) yang sambil mewujudkan nilainya, memungkinkan perekonomian mereproduksi dan bertumbuh. Namun Buku II menandaskan bahwa kapitalisme tidak dapat mencapai reproduksi yang terus membesar; bahwa pertumbuhannya mengambil bentuk siklus industri; bahwa keseimbangannya hanya suatu produk dari ketidak-seimbangan yang terus timbul-kembali; bahwa krisis over-produksi secara berkala tidak terelakkan. Namun bagaimana tepatnya kontradiksi-kontradiksi ini (dan banyak lagi kontradiksi lainnya) saling-berkaitan, sehingga hukum-dasar gerak cara produksi kapitalis itu membawa pada ledakan-ledakan krisis dan kehancuran akhirnya, belum diuraikan secara rinci dalam kedua buku itu. 

Suatu penjelasan mengenai ekonomi kapitalis secara menyeluruh justru menjadi obyek Buku III. Bahkan untuk melengkapkan penyelidikan sistem kapitalis secara menyeluruh itu, DAS KAPITAL mesti mencakup jilid-jilid tambahan yang membahas (sebagaimana yang direncanakan oleh Marx sendiri), antara lain, pasar dunia, persaingan, siklus industri dan negara.






 BACA ONLINE | Karl Marx
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments