Ebook Me-Wahib: Memahami Toleransi, Identitas dan Cinta di Tengah Keberagaman - Ahmand Wahib Award


Judul Ebook : Me-Wahib

Tebal Ebook : 270 Halaman

Bahasa        : Indonesia

Ahmad Wahib terpukau dengan pertunjukan The First Chamber of Dance Quartet. Pemuda Wahib dicengkau oleh alunan musik klasik yang terdengar menggairahkan dan gerakan penari yang demikian lembut membawakan balet dengan cara yang mengesankan. Padu padan musik dan gerak itu mendesakkan sebuah kenangan yang tak tertahankan tatkala ia memperhatikan paras salah seorang penarinya paras yang mengingatkannya pada seseorang yang tersimpan istimewa di hatinya.

“Seorang penarinya yang bernama Janice Groman mirip benar rupanya dengan seseorang yang pernah kucintai,” tulis Wahib pada catatan harian bertiti- mangsa 2 Juni 1969 (2013: 212). Delapan bulan kemudian, 8 Februari 1970, pada sebuah malam yang senyap dan nyaris tanpa gairah, Wahib yang masih saja kena limburan pertunjukan The First Chamber of Dance Quartet itu kembali
mencurahkan perasaannya: 

"F. Sisca... maafkan aku kurang jantan. Aku tak pandai menebak dan tidak sungguh-sungguh menebak hati manusia walaupun aku ingin menebak dan tepat pula. Aku tahu setelah semuanya terlambat dan setelah aku lumpuh merasa tidak bisa berbuat... Tapi aku berjanji, suatu waktu ke- lak, bila aku telah mampu berdiri sendiri sebagai manusia utuh, aku akan datang menjenguk dalam suatu kunjungan yang telanjang dari seorang manusia (Wahib, 2013: 328)."

Betapa sedih perasaan yang tak terkatakan itu, suara hati yang tak terungkapkan itu.... Ia yang tampak begitu cerewet mengisahkan pergolakan batin dan pikirannya perihal berbagai pokok persoalan melalui catatan hariannya, dari soal Islam dan ketuhanan hingga perkara sosial politik, ternyata kelu-kaku dalam urusan percintaan. Tidak bisa tidak aku memiliki simpati padanya, sedikit menahan senyum, merasakan sedikit miris, juga sejumput perasaan sendu ketika sampai pada lembar-lembar terakhir buku Pergolakan Pemikiran Islam yang sarat dengan pengakuan seorang realis yang pahit termasuk dan terutama dalam soal asmara.






 BACA ONLINE Ahmand Wahib Award
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments