Ebook Kapital II - Reproduksi dan Sirkulasi dari Seluruh Kapital Sosial - Karl Marx


Judul Ebook : Kapital II - Reproduksi dan Sirkulasi dari Seluruh Kapital Sosial

Tebal Ebook : 189 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Proses produksi kapital langsung adalah proses kerja dan valorisasinya, hasil proses ini ialah produk barang-dagangan, dan motif yang menentukan produksi nilai-lebih.

Proses reproduksi kapital mencakup, di atas proses produksi langsung ini, proses sirkulasi yang khusus dengan kedua tahapannya; ia merupakan keseluruhan sirkuit yang merupakan omset kapital, suatu proses periodik yang selalu diulang kembali pada selang-selang tertentu. 

Apakah kita mempertimbangkan sirkuit itu dalam bentuk M...M’ atau dalam bentuk P...P, proses produksi langsung, P, tidak pernah merupakan lebih dari satu masa dalam sirkuit ini. Dalam satu bentuk ia tampak sebagai mediator dari proses sirkulasi, sedangkan dalam bentuk lainnya ia merupakan proses sirkulasi yang tampil sebagai mengantarai produksi. Pengulangan terus-menerus dari sirkuit itu, selalu munculnya-kembali kapital sebagai kapital produktif, dikondisikan dalam kedua-dua kasus itu oleh transformasi-transformasinya dalam proses sirkulasi. Di pihak lain, pengulangan terus-menerus dari proses produksi itu merupakan kondisi bagi transformasi-transformasi yang dialami kapital berulang-ulang kali di dalam lingkungan sirkulasi, bagi penyajian dirinya sendiri secara bergantian sebagai kapital uang dan sebagai kapital barang-dagangan. 

Tetapi masing-masing kapital individual hanya merupakan suatu fraksi dari seluruh kapital sosial, suatu pecahan yang telah memperoleh kebebasan dan telah diberkati dengan kehidupan individual, boleh dikata, tepat sebagaimana setiap kapitalis individual adalah tidak lebih dari suatu unsur dari kelas kapitalis. Gerakan kapital sosial tersusun dari totalitas gerakan-gerakan dari pecahan- pecahan otonom ini, omset-omset dari kapital-kapital individual. Tepat sebagaimana metamorfosis dari barang-dagangan individual hanya merupakan satu masa di dalam deretan metamorfosis dari keseluruhan dunia barang-dagangan, dari sirkulasi barang-dagangan, demikian metamorfosis dari kapital individual, omsetnya, merupakan satu masa tunggal dalam sirkuit kapital sosial.






 BACA ONLINE | Karl Marx
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments