Ebook Kapital I - Asal-Usul Kapital Industri - Karl Marx


Judul Ebook : Kapital I - Asal-Usul Kapital Industri

Tebal Ebook : 21 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Lahirnyaa kapitalis indusiri' tidak berlangsung secara begitu ber-angsur-angsur, seperti lahirnya farmer (pengusaha pertanian). Tidak sangsi, banyak tukang-ahli gilde kecil, dan tukang, kerajinan tangan kecil yang lebih bebas, atau bahkan buruh-buruh upahan, ialah berubah menjadi kapitalis, kecil, dan (dengan ber-angsur-angsur memperluas penghisapan atas kerja-upahan dan akumulasi yang sesuai dengar itu) menjadi kapitalis yang penuh. 

Dalam masa kanak-kanak, pro-duksi kapitalis, sering terjadi hal-hal seperti dalam masa kanak-kanak, dari kota-kota abad pertengahan. dimana masalah siapa diantara hamba-hamba yang telah melarirkan diri akan menjadi majikan dan siapa yans akan menjadi budag, sebagian besar ditentuka  oleh siapa yang lari lebih dulu dan siapa kemudian. Kecepatan siput metode ini samasekali, tidak se-suai dengan kebutuhan komersiil dari pasaran dunia baru yang diciptakan oleh penemuan' besar diakhir abad ke-15. Tetapi abad pertengahan mewariskan dua bentuk kapital yang berbeda, yang mendjadi matang dalam susunan, sosial ekonomi yang sangat berbeda, dan yang sebelum zaman cara produksi kapitalis dianggap sebagai kapital quand meme- kapital riba dan kapital dagang.

Kini senua kekayaan masyarakat mula'-mula pergi kekaum kapitalis dulu. . . . ia membayar sewatana kepada pemilik tuan tnah, upah kepada buruh, pajak dan sepersepuluh penghasilan kepada penagihan-penagihan dan untuk dirinya sendiri ia mempertahankan bagian yang besar, sesungguhnyalah bagian terbesar, yang terus-menerus meningkat terus menesur dari hasil kerja tahunan. 

Kapitalis itu sekarang boleh dikatakan pemilik pertama dari semua kekayaan masyarakat, meskipun tidak ada hukum yang memberikan hak kepada atas pemilik ini . . . . - " perubahan itu telah terjadi dengan menarik bunga atas kapital ...... dan tidaklah aneh bahwa semua pembuat undang-undang di Eropa berusaha untuk mencegah hal ini melalui undang-undang, misalnya undag-undang menetang riba...,.. Kekuasaan kapitalis atas semua kekayaan negeri merupakan perubahan penuh dalam hak pemilikan,  ia berdasarkan undang-undang atau rentetan undang2 diman perubahan itnu dilaksanakan ?".* Pengarang itu seharusnya ingat bahwa revolusi itu tidak dibuat berdasarkan undang-undang.






 BACA ONLINE | Karl Marx
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

1 Comments