Ebook Capita Selecta Jilid I - M. Natsir


Judul Ebook : Capita Selecta I

Tebal Ebook : 412 Halaman

Bahasa           : Indonesia

Capita Selecta, adalah nama buku jang memuat kumpulan karangan2 sdr M. Natsir, jang diterbitkan pertama kali oleh penerbit U. B. ,.Ideal" di Djakarta. Dua djilid jang diterbitkan oleh penerbit tersebut, memuat 23 karangan. 
Dalam pada itu masih banjak lagi karangan2 sdr M. Natsir, jang baik dibukukan. Antara tahun 1936 1941, sdr M. Natsir menulis tidak kurang dari 90 karangan.

Tapi tidak mudah untuk mengumpulkan karangan2 itu kembali. Dari beberapa teman2 di Sumatera Tengah dan di Bandung, kami banjak dapat pertolongan. Begitu djuga dari Perusahaan Lembaga Kebudajaan Indonesia di Djakarta, banjak kami mendapat bantuan. Kepada semuanja, kami utjapkan banjak2 terimakasih. 

Buku ini memuat 52 karangan, dari karangan2 jang banjak itu. Selebihnja, karena merupakan karangan bersambung, mungkin akan diterbitkan djuga nanti. Seperti pembatja dapat menjaksikan sendiri, karangan2 ini ditulis antara 13 sampai 18 tahun jang lampau. Meskipun demikian, ia tetap masih aktuil, nilainja tidak dimakan masa. Walaupun oleh karangan2 ini tidak lagi zaman sekarang jang dihadapin'ja dengan lansung, tetapi ia tetap berharga untuk dibatja dan dipahamkan. Da- lam pada itu djangan dilupakan bahwa tulisan2 tersebut, ditulis diba- wah tekanan duri2-pers jang begitu banjak, mulai dari masa randjau2 pers biasa sampai kepada masa „persbreidel" dan masa ,,Staat van Beleg". Sebab itu tepat kalau dikatakan bahwa selain dari pada mempunjai nilai2 biasa, tulisan2 ini djuga membawa kita membatja sedjarah, membatja suara dan semangat~zaman diwaktu itu.

Supaja lebih memudahkan, susunannja dibagi atas rubrik2. Karangan dalam satu2 rubrik umumnja disusun chronologis. Masa ditulis dapat dilihat dibawah masing2 kepala karangan. Suatu hal jang tegas, ialah dasar dan ruh dari karangan2 ini; soal manapun jang diuraikan, dasar dan ruhnja hanjalah satu, jakni mengemukakan dengan tjara huddjah jang tersendiri, langsung atau tidak langsung, akan ketinggian dasar dan adjaran Islam dan bahwa Islam itu adalah suatu aturan-hidup untuk segala pentjinta kemanusiaan dan pentjinta-Tuhan. Islam, menurut kejakinan M. Natsir, wadjib djadi kriterium bagi hidup seorang Muslim, dan tak mungkin Islam itu didjadikan objek untuk di-kriterium-kan kepada jang lain.






 BACA ONLINE | M. Natsir
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments