Ebook Pandangan dan Langkah Partai Rakyat - Tan Malaka


Judul Ebook : Pandangan dan Langkah Partai Rakyat

Tebal Ebook : 32 Halaman

Bahasa           : Indonesia

1) Partai adalah alat untuk mencapai tujuan kita.

2) Partai adalah satu badan untuk melaksanakan idaman, hasrat dan tuntutan rakyat dan yang mengambil inisiatif dan menjadi pelopor rakyat dalam masa pelaksanaan idamana, hasrat dan tuntutan itu.

3) Kongres adalah upaya yang terbaik untuk mempersatukan sikap dan tindakan bagi semua cabang partai dan anggota gabungan partai, setelah meninjau ke belakang dan menengok ke depan dengan maksud memperbaiki yang salah dan memperkokoh yang lemah di masa lampau serta menentukan sikap tindakan yang lebih sempurna di masa depan.

4) Kerja Partai secara illegal atau legal, tersembunyi atau tertutup tiada membawa perbedaan pada isi propaganda dan agitasi, melainkan perbedaan dalam cara melakukan propaganda dan agitasi itu saja. Baik dalam kerja illegal ataupun legal, Partai tetap mempropagandakan isi tuntutan murba umum (massa) dan tetap pula bersandar atas kekuatan massa (murba) Kerja illegal tiadalah bermaksud mempropagandakan perbuatan putsch, melainkan bermaksud memelihara para pemimpin dari mata pengintipannya kaum reaksi, sementara murba penyokong belum lagi insyaf, tersusun dan terpimpin.

5) Partai adalah gudang pengetahuan berdasarkan pengalaman bagi setiap anggotanya; satu asrama kemasyarakatan buat para anggotanya untuk melatih dirinya sebagai pemimpin dalam lapangan politik, ekonomi, kelaskaran, kerevolusioneran dan kebudayaan dan menyiapkan diri sebagai pemimpin dalam semua cabang penghidupan: dari luarah sampai menteri negara, dari pengurus satu serikat sekerja sampai ke gabungan semua serikat sekerja, dari prajurit sampai jendral dan sebagainya.

6) Syarat bagi partai ialah syarat dari tiap-tiap anggotanya.

7) Buruk baiknya partai, cerdas bodohnya partai, rajin malasnya partai tergantung kepada sifat para anggotanya pula. Kepintaran, keyakinan dan ketabahan Partai tergantung kepada kepintaran, keyakinan dan ketabahan seluruhnya anggota Partai pula. Hendaknya partai menjaga persatuan dengan menjaga kerukunan para anggotanya, ialah dengan jalan berterang- terangan, percaya-mempercayai, maaf-memaafkan dan bantu-membantu satu sama lain.






 BACA ONLINE | Tan Malaka
 "jika link download bermasalah tolong tinggalkan komentar"
Baca Juga

Post a Comment

0 Comments